Informasi Terkini

SMA MUHAMMADIYAH 7 MAKASSAR LAKSANAKAN UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS) DI AKHIR BULAN MARET 2021



Makassar. Berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 1 tahun 2021 tentang peniadaan ujian nasional dan ujian kesetaraan serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat Covid-19. Maka sekolah diberi kewenangan untuk menentukan kelulusan siswa tahun 2021.  Sebagai Persyaratan kelulusan siswa tersebut setelah Sekolah melakukan evaluasi  penilaian berdasarkan pada :

1. Siswa  telah menyelesaikan program pembelajaran  di masa pandemic COVID-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester

2. Memperoleh nilai sikap/prilaku, dan prestasi yang diperolah sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan dan sebagainya)

3. Mengikuti ujian  yang diselenggarakan oleh  Satuan Pendidikan (Sekolah).

Dengan  adanya ketentuan tersebut, maka SMA Muhammadiyah 7 Makassar akan melaksanakan ujian semester dan Ujian Akhir Sekolah khusus untuk kelas XII di akhir bulan maret 2021. Ujian akan dilaksanakan dalam bentuk Daring dan Luring. Siswa akan mengerjakan soal melalui aplikasi smartphone akan tetapi tempatnya dilaksanakan di Sekolah. Startegi ini dilakukan mengingat kita masih dalam masa pandemi covid-19 sekaligus menghemat penggunaan kertas yang bertujuan mengurangi penumpukan limbah kertas di sekolah ujar sabri kepala SMA Muhammadiyah 7 Makassar.  Dia menambahkan bahwa Ujian dilaksanakan di sekolah karena selama ini siswa melakukan PBM (Proses Belajar Mengajar) dalam bentuk BDR (Belajar Dari Rumah) sehingga kami berfikir bahwa untuk  evaluasi dan penilaian terhadap siswa selama belajar di online  maka perlu di evaluasi dan dinilai secara langsung melalui ujian tatap muka di Sekolah sekaligus memberikan spirit dan motivasi kepada mereka agar tetap merasa beridentitas sebagai seorang pelajar yang kita ketahui selama hamper setahun mereka tidak pernah menggunakan seragam dan berada disekolah. Akan tetapi tentunya tetap mengikuti dan mematuhi protocol kesehatan. Kami telah membuat scenario dan menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Siswa yang ikut ujian kurang lebih 80 orang dan kami sudah menyiapkan sebanyak 6 ruangan untuk digunakan sebagai tempat ujian. Selain itu setiap kelas sudah kami beri partisi plastic untuk membatasi jarak siswa. Alat-alat pun telah kami siapkan seperti wastafel, alat pengukur suhu dan cairan disinfektan sudah kami siapkan. Insya Allah kami akan berkomunikasi dan meminta petunjuk dari pihak-pihak terkait dalam hal ini pihak Muhammadiyah, Dinas Pendidikan dan tentunya tim gugus covid-19. Kata sabri.

Rusnawati, S.Pd sebagai wakasek urusan kurikulum menambahkan semua tahapan persiapan ujian telah dilakukan, mulai dari pembuatan jadwal ujian, naskah soal ujian sampai kepada panitia dan tim pengawas juga sudah dibentuk. Insya Allah ujian semester akan dilaksanakan tanggal 8 – 13 Maret 2021 dan disusul pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) Tanggal, 29 Maret – 01 April 2021.

Penulis : #SA

Post a Comment

0 Comments