VISI MISI SEKOLAH - LINK
VISI DAN MISI SMA MUHAMMADIYAH 7 MAKASSAR
A. VISI SEKOLAH
“ISLAMI, UNGGUL, MODERN DAN BERKEMAJUAN “
Penjabaran Visi SMA Muhammadiyah 7 Makassar
- ISLAMI : Islam adalah agama keselamatan yang dibawah oleh Rasulullah Muhammad Saw yang berasal dari Allah SWT, Tuhan Pencipta Alam Semesta. Agama Islam merupakan satu-satunya agama yang sempurna dan diridhoi oleh Allah SWT serta menjadi Rahmatan Lil Alamin (Rahmat bagi seluruh alam). SMA Muhammadiyah 7 Makassar sebagai Lembaga Pendidikan Muhammadiyah senantiasa diorientasikan pada tercapainya Maksud dan Tujuan serta cita-cita muhammadiyah yaitu “Menegakkan dan Menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya”. Oleh karena itu komitmen menyebar dan mengaplikasikan nilai-nilai keislaman menjadi hal yang utama dalam rangka memujudkan “Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Gaffur”.
- UNGGUL : Memiliki kemampuan bersaing dalam dunia Global di berbagai bidang dengan mengerahkan seluruh potensi dan sumber daya yang dimiliki, mampu berprestasi dan berinovasi sehingga menjadi sekolah terdepan dalam Mutu dan pelayanan pembinaan generasi bangsa serta menjadi lembaga pendidikan yang favorit di daerah ini.
- MODERN & BERKEMAJUAN : Menjadi lembaga pendidikan yang smart school yang mampu menerapkan dan menggunakan teknologi modern, mengakses penggunaan informasi digital, dan menyiapkan Sumber Daya Manusia yang mampu bersaing di era Revolusi Industri 4.0, tanpa harus kehilangan nilai, karakter dan budaya yang dimiliki sebagai ummat Islam dan Bangsa Indonesia.
B. MISI SEKOLAH
- Mendidik dan mengajarkan Nilai-nilai ketauhidan sehingga terwujud warga sekolah yang bebas dari praktek kesyirikan.
- Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT dengan mengedepankan ilmu-amal dan amal-ilmiah dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.
- Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah kepada warga sekolah sehingga menghadirkan harmonisasi dalam pembinaan dan pelayanan pendidikan di sekolah.
- Mengerahkan seluruh potensi dan kemampuan yang dimiliki untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan sehingga menjadi sekolah favorit dan pilihan utama bagi masyarakat
- Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme Guru Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam memanfaatkan teknologi informasi digital serta mengembangkan sistem dan metode pendidikan yang kontemporer (kekinian).
- Mengoptimalkan pemanfaatan dan penggunaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi modern dalam menunjang proses belajar mengajar disekolah.
- Menyediakan sarana dan prasarana serta media pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan pelayanan pendidikan kepada peserta didik.
- Mengembangkan model pembelajaran yang berstandar nasional dengan bebasis IT (Teknologi Informasi) dalam rangka memajukan dan meningkatkan Mutu lulusan yang mampu bersaing didunia global.
C. TUJUAN SMA MUHAMMADIYAH 7 MAKASSAR
- Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional dengan melaksanakan standar Pendidikan
- Mewujudkan Maksud dan Tujuan Muhammadiyah dengan melaksanakan program pendidikan yang holistic transformatif
- Mewujudkan peserta didik yang memiliki character building yang Amanah, Siddik, Tabligh, dan Fathonah serta mampu mengimplementasikan nilai-nilai keislaman kedalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.
- Mewujudkan SMA Muhammadiyah 7 Makassar sebagai sekolah Recomended bagi masyarakat dengan pengembangan Pendidikan yang bermutu dan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.
- Mewujudkan Menajemen sekolah yang didasarkan pada Prinsip-prinsip Organisasi, transparansi, akuntabilitas dan kejujuran.
D. SASARAN SMA MUHAMMADIYAH 7 MAKASSAR
1. Sasaran Sekolah
- Terwujudnya proporsi lulusan yang diterima di PTN minimal 60% dari siswa yang mengikuti SNMPTN.
- Terwujudnya tim OSN, kelompok KIR, dan tim lomba akademik atau non akademik yang mampu
- menjadi juara dalam ajang lomba.menjadi juara minimal tingkat local, Nasional maupun internasional.
- Terwujudnya system manajerial, kurikulum yang berbasis IT dengan penerapan model smart school.
- Terwujudnya minimal 90% siswa, guru, maupun pegawai yang trampil mengoperasikan komputer dan internet.
- Terwujudnya semua warga sekolah mampu menumbuhkan nilai pembangunan budaya dan karakter bangsa.
- Terwujudnya ruang kelas yang memadai serta lingkungan belajar yang nyaman.
- Terwujudnya sarana komputer, LCD, pembelajaran, sambungan internet yang memadai.
- Terwujudnya 100 % siswa kelas XII yang memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam menunjang kelulusan dan persaingan di dunia global.
- Terwujudnya buku saku pedoman hidup Islami sesuai tuntunan Himpunan Tarjih Muhammadiyah
2. Sasaran Program
Kepala Sekolah, guru, pegawai, siswa, serta dengan persetujuan Komite Sekolah menetapkan sasaran program, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah, dijabarkan Program Pengembangan sebagai berikut :
E. PROGRAM PENGEMBANGAN
- Sistem Kurikulum berbasis IT/Internet/Android
- Penyediaan Sarana & Prasarana (infrastruktur) yang lengkap dan memadai berupa :
- Rumbel yang nyaman
- Pengadaan Jaringan internet dan Web Site
- Lab. Komputer
- Lab. IPA
- Lab Bahasa
- Perpustakaan
- Lapangan Olah Raga
- Lab. Seni & Budaya
- Media dan alat pedukung pembelajaran
- Pengadaan CCTV di Kelas dan atau dilingkungan sekolah
- Peningkatan Kualitas serta kompotensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta warga belajar melalui pelatihan, Workshop, kursus, bimbingan belajar, dll
- Rutin melaksanakan Musyawarah Guru Mapel (MGMP)
- Mempersiapkan dan melatih siswa untuk berprestasi baik akademik maupun non akademik. Misalnya mengiku olimpiade, Pertandingan dan Lomba, dll.
- Mengembangkan jiwa leadership dan interpreneurship kepada warga belajar (siswa) agar melahirkan generasi unggul dan berkemajuan
- Mengembangkan usaha-usaha Ekonomi dalam rangka menunjang dan menopang pembiayaan sekolah.
- Pembangunan Fisik Sekolah yang sejalan dengan Pembangunan Sumber Daya Manusia sehingga SMA Muhammadiyah 7 Menjadi salah satu sekolah yang menjadi rujukan dan Role model Sekolah Muhammadiyah di Kota Makassar.
- Menyelenggarakan Kelas Khusus Tahfidz Qur’an dalam rangka memadukan model Pendidikan Umum dan model Sekolah Tahfidz. (Sekolah Kader)
- Menerapkan Sistem Pengelolaan Sekolah yang berbasis IT dengan model Smart School yang memudahkan Pelayanan, monitoring dan transparansi serta efisensi dalam pengelolaan sekolah (Keuangan, Tata Usaha, PBM, Publikasi dan lain-lain)
F. ANALISI SWOT
1. Strengths (Kekuatan)
- Lokasi yang strategis, dan berjauhan dengan SMA yang lain.
- Berada dilahan milik Muhammadiyah yang cukup luas 2958 M²
- Berlisensi Terpercaya karena merupakan AUM/Lembaga Pendidikan Milik Muhammadiyah
- Telah berusia 39 Tahun usia yang cukup matang dalam menghadapi perubahan situasi.
- Weaknesses (Kelemahan)
- Infrastruktur yang belum memadai
- Media dan alat pembelajaran yang masih terbatas
- Sumber keuangan masih mengandalkan Dana Bos dan IPP
- Kepercayaan publik terutama alumni dengan metodelogi pembinaan dan pelayanan yang memuaskan.
- Perkembangan dan kemajuan IT (information Tekhnology) memberikan daya dorong untuk berinovasi dan berkreasi serta mengakses informasi tanpa batas.
- Revolusi Industri 4.0 telah memberikan kemudahan terhadap fitur2 yang dibutuhkan dalam menunjang proses belajar mengajar terutama efisiensi kinerja maupun efisiensi penggunaan anggaran
- Perhatian dan bantuan pemerintah dalam memberikan kesejahteraan kepada pendidik dan tenaga pendidikan berupa sertifikasi, dll.
- Threats (Ancaman)
- revolusi industri 4.0 secara tidak langsung mempengaruhi kondisi masyarakat disegala bidang apabila tak mampu memanfaatkan dengan baik maka kita akan merasa ketergantungan dan menimbulkan kemalasan dalam berkreatifitas dan bahkan interaksi manusia telah berubah dari dunia nyata ke dunia maya.
- Kemajuan IPTEK berupa Informasi Digital telah memberikan kemudahan dalam mengetahui bagaimana perkembangan dunia global sehingga penyebaran informasi baik yang bersifat fakta maupun Hoax tak terbendung lagi dan secara tidak langsung sangat berpengaruh membentuk perspsi (opini) maupun mindseet masyarakat.
- Bonus Demografi yang dapat memberikan peluang kepada penduduk negara asing untuk bebas memilih pekerjaan dan tempat pekerjaan dan sangat berefek pada Terbatasnya lapangan pekerjaan, rendahnya tingkat pendidikan, tergesernya nilai-nilai budaya dan kerakter suatu daerah.
0 Comments