Informasi Terkini

Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila, SMA Muhamamdiyah 7 Makassar Gelar Educational Trips For Student (EDUTRIPS) di Tanah Toraja


 Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang berkedudukan di Sekolah Muhammadiyah adalah Organisasi Intra yang  memiliki peran dan fungsi sama dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah di Sekolah-sekolah Umum yang disebut OSIS yang bertanggung jawab sebagai wadah yang memfasilitasi para siswa untuk bekerja sesuai tugasnya masing-masing demi kepentingan sekolah dan seluruh siswa. Selain itu, OSIS juga berfungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa.

  Sebagai Organisasi Pelajar, Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ranting SMA Muhammadiyah 7 Cabang Tallo Kota Makassar terus berupaya melaksankan program kerja yang refresentatif terhadap pemenuhan kebutuhan-kebutuhan pelajar terutama dalam rangka menunjang pengembangan pengetahuan, keterampilan dan Akhlakul Karimah agar siap menjadi Pelopor, Pelangsung dan penyempurna Amal Usaha Muhammadiyah sekaligus menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang melahirkan peradaban yang lebih maju, modern dan religius.

Kegiatan Educational Trips For Student yang disingkat Edutrip adalah suatu kegiatan yang menggabungkan unsur kegiatan wisata dengan edukasi dan  pengetahuan baru melalui program yang didesain sesuai kebutuhan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah. kegiatan ini berlangusung selama 3 hari Jumat -Ahad  03-05 Desember 2023 di Kabupaten Tana Toraja. 

Edutrip ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap anak. kegiatan ini Sejalan dengan tujuan dan fungsi Pendidikan Nasional yaitu “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.” Maka Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 7 Cabang Tallo Kota Makassar yang berkolaborasi dengan Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMA Muhammadiyah 7 Makassar berinisatif melaksanakan kegiatan Edutrip dengan mengunjungi daerah-daerah yang memiliki nilai historis, budaya, adat-istiadat, etnis, suku, bahasa dan kepercayaan yang menjadi warisan dan kekayaan bangsa Indonesia yang majemuk namun tetap Bersatu dalam bingkai persaudaraan dengan semangat semboyang Bhineka Tunggal Ika.

Selain itu Edutrip merupakan sebuah kegiatan yang memiliki banyak meanfaat seperti, menyediakan pengalaman melalui objek, tempat, situasi, dan hubungan antar manusia yang tidak dapat disediakan di kelas.

Dalam terselenggaranya Edutrip, Pelajar dapat langsung melakukan praktek di lapangan setelah mempelajari semua materi yang ada di dalam kelas. Tak hanya itu saja, Edutrip sendiri dapat mempertajam kesadaran Pelajar terhadap lingkungan dengan melakukan pengamatan langsung kelingkungan objek pembelajaran yang kan lebih menyentuh dan mengenal ciri-ciri dan karakteristik lingkungan yang khas sesuai dengan objek yang diteliti. Sehingga dengan ini, para Peserta Didik SMA Muhammadiyah 7 Makassar secara keseluruhan ikut berpartisipasi dalam kegiatan Edutrip Tahun 2023 ini.

Pemberangkatan di Sekolah 
briefing sebelum melaksanakn selurug kegiatan di lokasi penginapan peserta didik 

Doc. Penyambutan dan  Pemaparan Materi oleh Bapak Dr. KH Ahmad  Zainal , M.Pd
(Bersatu dalam perbedaan / Pluralisme pada Masyarakat Toraja sebagai upaya menjunjung adat istiadat dan budaya Tongkonan)

Kunjungan Peserta Ke Objek Wisata BORI
Dok. Kunjungan Peserta Edutrips Ke Objek Wisata Kete Kesu 
  Kunjungan peserta Edutrip ke Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tanah Toraja.

Doc. Penutupan Kegiatan Oleh Kepala Sekolah SMA Muhamamdiyah 7 Makassar 






Post a Comment

0 Comments