Informasi Terkini


 IMPLEMENTASI TEOLOGI AL-MA’UN DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH 7 MAKASSAR



Masa perkenalan lingkungan sekolah (MPLS) di manfaatrkan sebagai ajang mengenalkan implementasikan teologi al-ma’un di lingkungan sekolah. Penerapan Al-Ma’un di SMA Muhammadiyah 7 Makassar dalam aspek ibadah ditanamkan dengan model pembelajaran pembiasaan pada peserta didik dengan tujuan agar peserta didik memiliki kebiasaan yang baik yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh SMA Muhammadiyah 7 Makassar dalam memperhatikan ibadah yaitu dilaksanakan salat Dhuha yang dilanjutkan dengan murojaah Al-Qu’ran oleh peserta didik sebelum dimulai kegiatan pembelajaran di pagi hari. Dan siang hari melaksanakan salat Dhuhur berjamaah dan setelah itu di isi dengan kultum yang di bawakan oleh peserta didik.

Pembinaan tersebut sangat berguna bagi peserta didik dan juga guru untuk penanaman dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh peserta didik dan juga guru tersebut berfungsi untuk tidak lalai dalam melaksanakan ibadah kepada Allah yang termasuk dalam elemen pokok penting dalam Al-Ma’un.

Dalam penerapan Al-Ma’un pada MPLS di SMA Muhammadiyah 7 Makassar dalam aspek sosial, peserta didik diajarkan dan dilatih untuk memiliki kepekaan terhadap sesama manusia baik di dalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan luar sekolah atau masyarakat luar. Berbagai macam kegiatan dalam upaya melatih peserta didik untuk memiliki kepekaan terhadap sesama baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah atau masyarakat.

Diantaranya, tanggap dan peduli terhadap sesama. salah satu upaya pengenalan implementasi Al-maun lewat program jum’at berkah di dalam kegiatan MPLS di lingkungan sekolah. Program ini dilakukan dengan membagikan makanan kepada masyaraakat di jalanan sekitar lingkungan sekolah SMA muhammadiyah 7 Makassar.

Berbagi makanan bersama di jalan dan Kegiatan sosial tersebut sangat berguna bagi peserta didik dalam mengamalkan surah Al-Ma’un seperti yang dilakukan KH. Ahmad Dahlan dulu yang tidak hanya sekedar menghafalkannya tetapi juga diaplikasikan dalam bentuk nyata kegiatan sosial yang memperhatikan kaum dhuafa’ atau seseorang yang sedang mengalami kesulitan ekonomi. Wakasek bagian kesiswaan SMA Muhammadiyah 7 Makassar (Awaladdun S.Pd) menegaskan “Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan bertujuan melatih jiwa sosial peserta didik agar peduli dengan satu dengan lainnya sehingga menumnuhkan semangat dalam memiliki kepedulian antar sesama” .













Post a Comment

0 Comments