SMA Muhammadiyah 7 Makassar Melaksanakan Analisis kebutuhan peserta didik baru SMA Muhammadiyah 7 Makassar (19/07/2022)
SMA Muhammadiyah 7 Makassar
melakukan needs assessment peserta didki baru. Kegiatan asesmen meliputi Asesmen
kebutuhan dan masalah peserta didik yang menyangkut karakteristik peserta
didik, seperti aspek-aspek fisik (kesehatan dan keberfungsiannya), kecerdasan,
motif belajar, sikap dan kebiasaan belajar, minat-minat (pekerjaan, jurusan,
olah raga, seni, dan keagamaan), masalah-masalah yang dialami dan kepribadian;
atau tugas-tugas perkembangannya, sebagai landasan untuk memberikan pelayanan Pendidikan
di SMA Muhammadiyah 7 Makassat tahun pelajaran 2022-2023.
Data hasil asesmen yang memadai
dapat menjadi dasar melakukan tindakan edukatif yang tepat sehingga progam yang
dibuat oleh sekolah akan berjalan sesuai dengan yang ditetapkan. Tanpa asesmen
yang berkualitas tidak akan ada progam pengembangan yang komprehensif,
berkualitas, dan mampu mencapai tujuan layanan yang tuntas, baik dalam fungsi
kuratif, apalagi fungsi pengembangan dan pencegahan. Jadi asesmen mutlak
dilakukan sebelum proses pembelajaran.
Dalam kegiatan asesmen tahun ini,
di laksanakan selama dua hari sejak tanggal 18-19 juni 2022. Adapun focus asesmen
tahun ini meliputi kemapuan baca tulis Al-Quran, Hafalan Alquran, observasi dan
pemahaman karasteristik peserta didik, kemampuan intelegensia serta kemampuan
membaca dan memahami. Berdasarkan SK Penugasan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah
7 Makassar No: 094/IV.4.AU/F/2022 terdapat 6 guru yang bertanggung jawab yaitu
Ilham Supiana , S.Sos, MPS, Sp (Koordinator) A. Barlian Tahir, S.Ag,MM (anggota),
Drs. Amir Patanri, M.Pd (anggota), Ria Murti Nasar, S.Pd (anggota), Rusnawati,
S.Pd (Anggota) dan Radianti, S.Pd (anggota). Adapun metodologi needs assessment
diserahkan kepada masing masing guru anggota satuan tugas sesuai dengan tupoksi
masing masing.
Penulis : Sudirman SP,.MM (Kepala
TU dan IT)
0 Comments