Informasi Terkini

Komisioner BAWASLU dan KPU Kota Makassar menjadi Narasumber pada kegiatan Dialog Suara Demokrasi SMA Muhammadiyah 7 Makassar

 

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum Kota Makassar menghadiri Kegiatan Dialog Suara Demokrasi di SMA Muhamamdiyah 7 Makassar , Senin (05/01/2024). 

Komisioner Bawaslu Kota Makassar Koordiv Pencegahan Parnas dan Humas, Risal Suaib mengatakan bahwa pihaknya mengajak pemuda untuk ikut andil dalam melakukan Pencegahan dan Pengawasan Pemilu.

“Pemilu yang berkualitas dan berintegritas bukan hanya tanggungjawab penyelenggara tapi menjadi tanggungjawab kita bersama,” Ungkap Risal ssat memberikan materi dalam dialog tersebut. 

Komisioner Bawaslu Kota Makassar Risal Suaib menambahkan Kenapa peran pemilih pemula penting ?

"Pada Pemilu 2024 nanti, jumlah pemilih di  Indonesia diperkirakan mencapai 187 juta  orang. Menurut Komisi Pemilih Umum (KPU),  kelompok muda terutama generasi milenial  dan Gen Z akan menjadi pemilih terbesar pada  Pemilu tersebut. Diperkirakan 60 persen dari seluruh pemilih  pada Pemilu 2024 adalah generasi muda".

suaib mejelaskan bagaimana Pemilih pemula berpartisipasi dalam pemilu 2024 diantaranya melaui ; 

1. Hadir dan menggunakan hak suata ke TPS

2. Menyampaikan adanya dugaan  pelanggaran yang dilakukan orang lain,  calon dan penyelenggara pemilu ke  Bawaslu

3. Menjaga perdamaian dan persatuan  selama masa Pemilu

4. Aktif menyuarakan kepedulian atas  berbagai isu. Dalam konteks pemilu, yang  diperlukan adalah pengawasan partisipatif

5. Mastikan diri terdaftar di DPT

Senada dengan itu Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar divisi teknis penyelenggaraan, Sri Wahyuningsih mengajak siswa sebagai pemilih pemula berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi.

Narasumber memberikan materi terkait dengan pemahaman pemilu kepada siswa SMA Muhamamdiyah 7 Makassar. dan menjelaskan tentang Fungsi penyelenggara pemilu mulai dari KPU, BAWASLU dan DKPP. 

“Dialog seperti ini patut diapresiasi karena ini salah satu bentuk pendidikan pemilih, Pemuda sebagai pemilih pemula harus ikut terlibat menjadi mensukseskan pemilu 2024” Ungkapnya.

Kepala Sekolah SMA Muhamamdiyah 7 Makassar Sabri, S.Pd Mengatakan dialog ini merupakan bagian dari Kegiatan P5 dan diharapkan memberikan edukasi terkait kompetensi dan penguatan karakter siswa di SMA Muhammadiyah 7 Makassar. 

"Selanjutnya kami mengucapkan terimaksih kepada Komisioner BAWASLU dan KPU Kota Makassar yang telah hadir berpartisipasi aktif memberikan ilmu kepada seluruh siswa kami di selah kesibukan melaksanakan tugas sebagai penyelanggara pemilu di kota makassar". Tutupnya 

Penyerahan Piagam kepada Ibu Sri Wahyuningsih  (Komisoner KPU Kota Makassa) 
Penyerahan Piagam kepada Bapak  Risal Suaib  (Komisoner BAWASLU Kota Makassa) 

Post a Comment

0 Comments