Informasi Terkini

Camp Edukasi SMA Muhammadiyah 7 Makassar: Upaya membentuk karakter pancasila peserta didik

Maros (24-26 Mei 2024), SMA Muhammadiyah 7 Makassar (sekolah Penggerak) menggelar camp edukasi untuk membentuk karakter pancasila peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan di air terjun pung bunga kecamatan Tompo Bulu Kabupaten Maros. Dengan metode pembelajaran berbasis projek, kegiatan ini sukses memberikan stimulus dan penguatan kepada peserta didik sesuai dimensi Profil Pelajar Pancasila (P5).

Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan dalam berbagai kegiatan adalah sebagai berikut: Pertama, beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa diimplementasikan melalui pemberian materi tentang ayat-ayat kauniyah atau ayat-ayat yang berhubungan dengan fenomena alam untuk mengenal Tuhan yang Maha Esa. Kedua, gotong royong diterapkan melalui pembagian kelompok dan penugasan saat kegiatan hiking. Ketiga, dimensi mandiri diimplementasikan dengan penugasan bagi peserta didik untuk menyiapkan sendiri kebutuhan mereka saat berada di lokasi perkemahan. Keempat, dimensi bernalar kritis diterapkan ketika peserta didik ditugaskan membuat laporan hasil observasi lapangan dan membuat video dokumenter mengenai kondisi alam di lokasi perkemahan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan terbentuk karakter pancasila peserta didik melalui implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5).






Post a Comment

0 Comments