Informasi Terkini

Camping Edukasi Pelajar wadah memperluas pandangan mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT

 


SMA Muhammadiyah 7 Makassar melaksanakan Camping Edukasi Pelajar 2022 di Bumi Perkemahan Ta’deang Bantimurung Kabupaten Maros , Jumat -Ahad (1-3 Juli 2022)

Dalam momen libur Sekolah SMA Muhammadiyah 7 Makassar melakukan  Camping Edukasi Pelajar yang dijadikan wadah pembelajaran sekaligus berwisata bersama guru. 

Berwisata adalah aktifitas yang menyenangkan bagi siswa dalam mengisi waktu liburan Sekolah, oleh karena itu SMA Muhammadiyah mewadahi para siswa untuk melakukan liburan bersama yang tidak lepas dari nilai nilai edukasi.

Para peserta camping Edukasi Pelajar memadati gunung Karts di wilayah Taman Nasional Bantimurung di wikayah Bumi Perkemahan Ta’deang sejak jumat siang 01 Juli 2022.

Beberapa waktu ini terkadang Camping dan berwisata menjadi hal yang   jauh dari nilai-nilai Islam. Berwisata sekedar hanya mengisi waktu liburan, berfoya-foya juga di sertai dengan banyak aktifitas yang melanggar syariat Islam. Berbeda hal nya dengan berwisata dalam pandangan Islam.

Tentu camping edukasi merupakan bagian tadabur alam ini berbeda yaitu untuk memperkaya khasanah intelektual dan mempertebal keimanan dan ketakwaan. Memahami tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah dengan melihat beragam ciptaannya. Cukup kita memperhatikan tiga unsur yang dapat dijangkau oleh akal yaitu Alam Semesta, Manusia dan Kehidupan. Bukti bahwa segala sesuatu mengharuskan ada sang pencipta dialah Allah SWT.  Sejatinya ketiga unsur tersebut bersifat terbatas, lemah, serba kurang.

Dengan camping edukasi pelajar menjadi tadabbur alam bersama siswa  melihat hamparan Gunung Karts yang luas, beragam jenis-jenis tumbuhan akan mampu meningkatkan keimanan. Oleh karena itu dalam Al-Qur’an terdapat ajakan untuk mengalihkan perhatian manusia terhadap benda-benda yang ada, agar dapat membuktikan adanya Allah SWT. Dengan mengamati benda-benda tersebut, bagaimana satu dengan yang lain saling membutuhkan, akan memberikan suatu pemahaman yang meyakinkan dan pasti, akan adanya Allah Yang Maha Pencipta lagi Maha Pengatur.  Adapun firman-firman Allah SWT:

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda (ayat) bagi orang yang berakal (TQS. Ali Imran (3): 190).

(Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah diciptakan-Nya langit dan bumi serta berlain-lainnannya bahasa dan warna kulitmu (TQS. Ar-Rum (30): 22)

Oleh karena itu dalam kegiatan Camping Edukasi Pelajar memiliki rangkaian kegiatan produkstif, Seperti belajar tentang materi Kosmologi, keorganiasanian dan kepemipinanan, serta tadabbur ayat yang di bombing lansung oleh Guru SMA Muhammadiyah 7 Makassar sebagai fasilitator pada kegitan tersebut.

Inilah beberapa makna tadabbur alam dalam kegiatan campping edukasi  pelajar yang sebenarnya cukup dengan memperhatikan dan memfokuskan benda-benda sekitar. Seraya mengajaknya turut mengamati dan memfokuskan perhatian terhadap benda-benda tersebut dan segala sesuatu yang ada di sekeliling lokasi perkemahan.

DOKUMENTASI KEGIATAN 


























Post a Comment

0 Comments